June 10, 2013

13 Manfaat Buah Anggur yang menakjubkan

Manfaat Buah Anggur
Manfaat buah anggur yang kita dapatkan tergantung kualitas buah anggur. Semakin gelap kulit buah anggur maka semakin tinggi nutrisinya yang berarti semakin banyak manfaat buah anggur yang bisa kita dapatkan.



Anggur atau disebut juga (berri oval) dalah buah dengan daging yang semi transparan dan ditutup kulit yang halus. Beberapa jenis anggur mempuyai biji dan ada juga yang tidak berbiji sama sekali. Anggur memilki rasa asam dan manis dengan tekstur yang garing.

Anggur yang biasa dimakan dinamakan table grapes sedangkan yang dibuat kismis adalah raisin grapes dan yang dijadikan wine(arak) adalah wine grapes.

Kandungan Gizi pada Buah Anggur

Flavonoid adalah zat yang memberi warna pada anggur. Semakin gelap warna anggur, maka semakin besar pula kadar flavonoid. Manfaat flavonoid pada buah anggur adalah sebagai antioksidan. Antioksidan adalah zat untuk menunda penuaan dan mengurangi kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab kanker. Sehingga manfaat buah anggur juga mengurangi kanker.

Flavonoid yang terkandung pada anggur adalah jenis senyawa resveratrol dan quercetin. Kedua senyawa ini juga mengurangi resiko penyakita jantung. Bagaimana?
  1. Kedua senyawa ini mencegaha radikal bebas merusak kolesterol LDL.
  2. Mengurangi pembekuan darah berbahaya dan penumpukan trombosit.

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi memberikan resiko yang tinggi. Prancis adalah salah satu negara dengan konsumsi makanan dengan tingkat lemak jenuh yang tinggi. Tetapi tahukah Anda? Orang Amerika mempunyai resiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dari orang Prancis. Mengapa demikian? Pernahkah Anda mendengar istilah French Paradox ? Ini disebabkan karena Orang Prancis memilki tingkat konsumsi wine yang juga tinggi. Jadi Manfaat buah anggur juga untuk mengurangi resiko penyakit jantung.

Anggur kaya akan Vitamin A, C, B6 dan folat. Mineral seperti fosfor, kalium, zat besi, kalsium, silenium, dan magnesium dalam anggur. Anggur juga mengandung serat dan protein.

Manfaat Buah Anggur di bidang kesehatan

Manfaat Buah Anggur - Migrain

Obat untuk migrain adalah jus anggur. Harus dibuat murni (tidak ada tambahan air) diminum pada pagi hari.


Manfaat Buah Anggur - Kolesterol darah

Pterostilbene, senyawa dalam anggur membantu menurunkan tingkat kolesterol. Saponin pada kulit anggur juga mencegah penyerapan kolesterol.

Manfaat Buah Anggur - Penyakit Alzheimer

Resveratrol dalam anggur mengurangi kadar peptida amyloidal-beta pada pasien dengan penyakit Alzheimer. Anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menunda timbulnya penyakit neurodegenerative.

Manfaat Buah Anggur - Gangguan ginjal

Anggur mengurangi tingkat keasaman urat dan membantu menghilangkan asam dari sistem sehingga mengurangi tekanan ginjal.

Manfaat Buah Anggur - Penyakit jantung

Anggur meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah yang mencegah pembekuan darah sehingga mengurangi insiden serangan jantung. Antioksidan dalam anggur mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang menghambat pembuluh darah.


Manfaat Buah Anggur - Gangguan pencernaan

Anggur mencegah dispepsia. Mereka menyembuhkan gangguan pencernaan dan iritasi lambung.


Manfaat Buah Anggur - Antikanker

Resveratrol bertindak sebagai anti-inflamasi. Efektif dalam payudara dan kanker kolorektal. Anthocyanin dan proanthocyanidins memiliki sifat anti-berkembang biak yang dapat menghambat pertumbuhan zat penyebab kanker.

Manfaat Buah Anggur - Mencegah katarak

Flavonoid dalam anggur mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak terkait usia, penyakit jantung dan kanker. Degenerasi makula berarti hilangnya penglihatan. Studi menunjukkan 3 porsi buah anggur setiap hari untuk menurunkan resiko degenerasi makula oleh lebih dari 36%.

Manfaat Buah Anggur - Asma

Karena kekuatan assimilatory tinggi anggur, kadar air dalam paru-paru meningkat. Anggur memiliki nilai terapi untuk asma.

Manfaat Buah Anggur - Kanker payudara

Dalam penelitian terbaru, jus anggur berwarna ungu membantu mencegah kanker payudara. Percobaan dilakukan pada tikus laboratorium. Ada penurunan yang signifikan pada massa tumor payudara setelah mereka diberi minum jus anggur.

Manfaat Buah Anggur - Kelelahan

Bukan jus anggur gelap yang menyelesaikan masalah ini tetapi jus anggur terang yang mencegah kelelahan karena mengisi ulang kandungan zat besi dalam tubuh.
 

Manfaat Buah Anggur - Antibakteri

Anggur merah mengandung sifat antibakteri dan antivirus untuk melindungi Anda dari infeksi. Antivirus efektif terhadap virus polio dan herpes simplex virus. Manfaat Buah Anggur

0 comments:

Post a Comment